Translate This Blog

Sejarah Internet

Anda tentu tidak asing lagi dengan istilah internet. Bahkan ketika anda membuka blog ini, Anda sudah berhubungan dengan internet. Namun, tahukah anda apa itu internet? dan bagaimana sejarah internet? Kali ini saya akan mengulasnya.

Istilah internet sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari interconnected networking yang berarti jaringan-jaringan komputer yang saling terhubung. yang perlu diingat bahwa istilah internet yang dikenal mengacu kepada gabungan jaringan komputer di seluruh dunia. Jadi lebih dalamnya, internet adalah gabungan jaringan komputer di seluruh dunia yang membentuk suatu sistem jaringan informasi global.
Di dunia internet, terdapat dua jenis komputer. Pertama komputer server (server computer) yang kedua komputer klien ( client computer ). Komputer server merupakan komputer yang menyediakan data-data dari internet. Sedangkan komputer klien, merupakan komputer yang mengambil data-data dari internet.

SEJARAH INTERNET

Sejarah internet dimulai pada tahun 1969. Saat itu Departemen Pertahanan Amerika, Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset untuk menghubungkan sejumlah komputer, sehingga bisa membentuk suatu jaringan. Program riset ini dikenal dengan nama  ARPANET. Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun lamanya untuk ARPANET. Karena e-mail sangat mudah dimengerti, maka e-mail menjadi sangat populer. Pada tahun yang sama ikon @ diperkenalkan.

Pada tahun 1973, ARPANET mulai mengembangkan jaringan ke luar Amerika Serikat, yaitu ke komputer University College di London. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer, yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal internet. Hari bersejarah selanjutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer bergabung di ARPANET.

Oleh Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diajui semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protocol atau IP. Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini dikenal dengan DNS atau Domain Name Server.Pada tahun 1990 Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer lainnya. Program tersebut dikenal dengan WWW ( World Wide Web). Tahun 1992, komputer yang terhubung sudah melampaui satu juta komputer dan muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994 Yahoo! didirikan. Dulu internet kebanyakan dipergunakan untuk kalangan mahasiswa dan kemiliteran. Namun, sekarang internet sudah menjadi sarana dalam mempromosikan produk, mencari informasi, bahkan mencari teman melalui situs jejaring social Facebook.

No comments:

Post a Comment

Mohon berikan kometar yang dapat membangun blog ini ya....

Buscar

 
Terima Kasih Buat Kunjungan Anda
Shine Blog Copyright © 2011 | Template : compartidisimo | Support by: Blogger