Translate This Blog

Ilmu Twitter

Hah.. setelah beberapa lama saya tidak memposting artikel, kali ini saya ingin membagikan sesuatu yang menurut saya perlu untuk saya bagikan kepada pengunjung Shine Blog ini. Sesuai dengan judulnya, saya  akan menjelaskan tentang Twitter . namun kali ini saya tidak akan membahas cara membuat Twitter, tapi saya akan menjelaskan hal-hal yang penting didalam Twitter, agar kita dapat menikmati situs ini :)  Menurut beberapa informasi, Indonesia merupakan negara yang masyarakatnya paling banyak menggunakan situs mikroblogging ini. Untuk itu, sebagai orang Indonesia saya ingin membagikan info-info ditambah juga tips seputar twitter
yang bisa kita baca, agar kita mengerti hal-hal yang ada dalam twitter.

Sebelum itu, saya mau jelaskan secara singkat tentang Twitter. Menurut Wikipedia Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc. yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut tweets. Tweets adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Tweets bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat tweets penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.

Oke. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang istilah-istilah di dalam twitter. Coba anda lihat kata terakhir dalam pengertian tersebut yaitu: " Pengikut ". 

Istilah Pertama : Pengikut ( Followers)

Dalam twitter, ada namanya Followers. Followers ini merupakan orang-orang yang mengikuti kita. Jadi, semua status yang kita buat, bisa di baca hanya oleh orang-orang yang menjadi Followers kita. 

Istilah Kedua : Following

Following merupakan kebalikkan dari Followers. Menurut wikipedia following adalah akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain agar tweets yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utama. sebagai contoh. Jika anda mem-follow akun Twitter saya yaitu @SamuelSHP maka semua status yang saya buat bisa anda baca. Sedangkan status yang anda buat tidak dapat saya baca, karena saya belum mem-follow anda.

Istilah Ketiga : Follow Back ( Follow Balik)

Follow back merupakan satu syarat agar dalam twitter terjadi komunikasi dua arah. Caranya yaitu, anda Follow terlebih dahulu akun twitter orang yang anda inginkan. Misalkan saja anda mem- follow akun saya. Agar saya dapat memfollow balik akun twitter anda, maka anda tinggal tulis saja dengan contoh format seperti ini. " @SamuelSHP follow back saya ya..." ( tanpa tanda kutip). Maka saya dapat melihat Tweet anda di bagian Mentions pada twitter. Sehingga saya akan memfollow akun Anda.

Baiklah, sepertinya itulah hal-hal yang paling penting didalam Twitter. Untuk istilah-istilah lain Anda bisa klik disini

3 comments:

  1. pertamaxxx.. mntap gan..
    knjngan bliknya (hehehe)
    http://iputu-dirga.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. twitter memang the best kang, infonya cepat bener. Terima kasih sharing ilmunya

    ReplyDelete

Mohon berikan kometar yang dapat membangun blog ini ya....

Buscar

 
Terima Kasih Buat Kunjungan Anda
Shine Blog Copyright © 2011 | Template : compartidisimo | Support by: Blogger