Translate This Blog

Belajar PHP : Aturan Penulisan

Baiklah, ini merupakan artikel kedua mengenai Belajar PHP. Sekarang kita akan mempelajari tentang aturan-aturan penulisan dalam PHP. Sebelumnya kita juga harus mengetahui bahwa sebuah file php harus disimpan dengan ekstensi .php . Apabila anda menemukan file dengan ekstensi .php3 atau .phtml maka kemungkinan file tersebut menggunakan PHP versi 3 kebawah. Untuk program text editor, menggunakan notepad sudah cukup. Namun perlu diingat ketika anda membuat file PHP dengan notepad dan ingin menyimpannya, anda harus memilih harus
Save As Type : All Files, dan mengetikan nama file diikuti ekstensi PHP ( .php ), karena jika tidak, maka file yang anda buat akan ber-ekstensi .txt (text biasa). Tapi kalau mau yang lebih "Maknyuss" saya rekomendasikan untuk menggunakan Notepad++.

Permulaan & Akhir Kode PHP

Sebuah kode PHP harus diawalai dengan "<?php" dan diakhiri dengan "?>" pada akhir kodenya.

Akhir Baris Program, Tanda Kurung, dan Komentar dalam PHP

Sip!, kita mulai dari akhir baris program dulu. Dalam PHP tentu ada baris-baris yang berisi instruksi program. Dalam PHP, instruksi-instruksi itu harus diakhiri dengan tanda titik koma ";". Jadi, jika anda membuat instruksi lebih dari 1 baris tetap akan dianggap 1 baris, jika belum ada tanda titik komanya.

Kemudian tanda kurung. Dalam penulisannya, kita akan banyak sekali menggunakan tanda kurung ini. Contohnya ketika kita ingin memanggil fungsi.

Ketiga adalah Komentar. Komentar adalah bagian yang penting, karena bisa mengingatkan kita tentang kegunaan dari sebuah blok kode yang kita buat. Komentar ini tidak akan dibaca oleh browser. Komentar dalam PHP ditunjukkan dengan tanda  "//" (untuk komentar yang hanya 1 baris saja)  atau "/*" dan ditutup dengan "*/" (untuk komentar yang panjang)

Contoh mengenai ketiga hal tadi :

<?php

/* Skrip untuk menampilkan teks yang berisi
kalimat Selamat Datang */

echo ("Selamat Datang");

?>
 Baiklah, sekian dulu penjelasan saya tentang Aturan Penulisan dalam PHP. Keep Coding :)

1 comment:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai php, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5350/1/Jurnal.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    ReplyDelete

Mohon berikan kometar yang dapat membangun blog ini ya....

Buscar

 
Terima Kasih Buat Kunjungan Anda
Shine Blog Copyright © 2011 | Template : compartidisimo | Support by: Blogger